Blogger templates

Pages

Minggu, 19 Desember 2010

JELANG NATAL KOTA TOBELO SEMAKIN RAMAI


(Suasana pusat kota tobelo)
Tobelo News – Lima hari menjelang perayaan natal aktivitas pusat kota tobelo nampak semakin ramai. Banyak warga pendatang dari daerah sekitar  tobelo yang datang berbelanja. Sejumlah pedagang dadakan berjualan di badan jalan. Kebanyakan dari mereka adalah pedagang pakaian dan kembang api.

Arni seorang pedagang kembang api mengatakan sehari-harinya dia berjualan sayur di pasar tobelo namun saat ini dia menggelar lapak untuk menjual kembang api. “ya mumpung so mo natal, biasanya kalo sudah tanggal-tanggal begini banyak orang yang beli kembang api”ungkap arni. Menurutnya dalam sehari dia bisa mendapat keuntungan hingga 500 ribu rupiah.

Hal yang sama juga diungkap oleh eko seorang pedagang pakaian. Menurut Eko jika hari-hari biasanya dia menggelar  dagangannya di dalam kompleks pasar baru tobelo, tapi khusus jelang natal ini dia sengaja menggelar jualannya di depan jalan pusat kota tobelo dekat kawasan pelabuhan. Eko mengatakan kebanyakan pembelinya berasal dari warga yang bermukim di pulau sekitar tobelo. “banyak orang-orang dari pulau yang berbelanja disini, ada yang dari loloda kepulauan bahkan ada juga dari morotai”kata eko. Dia juga menjelaskan keuntungan yang didapatnya dari berjualan pakaian jelang natal cukup lumayan.”tapi tidak sama dengan tahun-tahun lalu kalo sekarang agak lebih sepi”keluh eko.

Sementara itu satuan lalu lintas polres halmahera utara mulai menata pusat kota tobelo. Penataan dilakukan terutama mengatur arus lalu lintas dan parkir kendaraan. Kendaraan yang parkir sembarangan langsung ditindak oleh polisi. “ini kita atur supaya orang yang datang belanja di pusat kota merasa nyaman”kata kepala satuan lalu lintas polres halmahera uatara AKP.Robert.A.D.Wasia.

Dia juga mengungkapkan polres sudah memasang beberapa rambu lalu lintas di dekat pasar tobelo yang khusus mengatur tentang parkir. “kalo di pasar dekat galaxi, disana kami sudah memasang rambu parkir mundur. Jadi motor yang pakir kendaraannnya disekitar sana harus memarkir mundur motor  mereka”jelas robert. 

Arter seorang warga kota tobelo mengatakan dengan penataan yang dilakukan kepolisian dia dan  keluarganya bisa merasa nyaman ketika datang berbelanja di pasar tobelo. “saya pikir apa yang sudah dilakukan oleh polisi lalu lintas ini so cukup baik”tutur arter. Hal yang sama juga diungkap mat warga galela yang sering berbelanja di tobelo. Menurut Mat dengan penataan yang dilakukan satuan lalu lintas polres halmahera utara ini kesemrawutan di pasar tobelo sudah nampak berkurang.

Hanya saja masih adanya warga yang menggelar dagangan mereka dibadan jalan membuat kemacetan di areal pasar tobelo tetap terjadi. “kita akan tindak tegas warga yang menjual dagangan mereka dibadan jalan, sebab itu bukan untuk tempat jualan”tegas kepala satuan lalu lintas polres halmahera utara AKP.Robert A.D Wasia


JERRY MUKUAN (TOBELO)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

/audio_player_standard_black.swf" width="300" wmode="transparent">

About